Jumat, 09 Mei 2014

Bi-Pro Magazine Menuju Situs Nomor 1 Bipro (Bisnis dan Promosi)

Bi-pro Magazine kini telah hadir dalam blantika pemberitaan di media internet melalui situs www.bipro-magazine.com.  Situs yang launching pada pukul 10.00 WIB tanggal 11 Desember 2013 di Pekan Baru.  Waktu launching dilambangkan sebagai deretan angka 10 11 12 13 (nomor cantik) mempunyai makna khusus yakni peningkatan.  Terus menanjak dan berkembang tak hanya dari segi kuantitas tetapi kualitas berita.    
Bi-pro sendiri diambil dari penggalan dua kata yaitu Bisnis dan Promosi.  Ini sebagai pembeda dengan situs lainnya.    Bi-pro Magazine memfokuskan pada publikasi dan promosi kegiatan pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, maupun pribadi.   Lalu mengapa Bi-pro Magazine bukan Bi-pro news atau newspaper?  Bukankah magazine  sifat pemberitaannya lebih berkala sedangkan news selalu update setiap saat.  


Dari profil situs Bi-pro Magazine sendiri terjawab, bahwa situs ini berbeda dengan news portal lain dengan liputan yang lebih terencana, terarah, dan komunikatif serta selalu update setiap saat.  Selain itu adanya AFTA (Asean Free Trade Agreement) pada 2015 membuat persaingan di dunia publikasi dan promosi akan semakin penting bagi perusahaan di Indonesia untuk bersaingan dengan perusahaan ASEAN lainnya.  Di sinilah letak peran Bi-pro Magazine untuk membantu mengembangkan iklim investasi di Indonesia.  
Saat ini memang masyarakat membutuhkan data yang cepat dan akurat serta dimana saja mengenai bisnis dan properti.   Era mobile data menjadi faktor utama pendorong peralihan life style masyarakat dalam mencari berita dan informasi.   Sehingga orang sedang di bus, bandara, ruang tunggu, dan tempat lainnya dapat mengakses infomasi.    Sebab itu Bi-Pro Magazine kini hadir di adroid dan dapat didownload di situs mereka.   Di sini terlihat bahwa managemen Bi-Pro Magazine jeli melihat pasar.  Diperkirakan tahun ini perkembangan pengguna adroid meningkat 189 persen dibanding tahun lalu.



Belakangan semakin banyak perusahaan mengubah bidang usaha media cetak mereka menjadi media digital. Beberapa contoh perusahaan yang menutup usaha koran atau majalah menjadi digital seperti seperti Newsweek, The Miami Herald, The Detroit News, Boston Globe, dan Asian Week.   Mereka menyadari potensi besar industri digital hingga hampir semua surat kabar besar mempunyai situs berita.   Persaingan di media digital menjadi semakin panas dan ketat.    Bi-pro Magazine menyadari akan potensi dari market ini terutama terkait biang bisnis dan promosi. .      
Bi-pro Magazine menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat.  Berbagai informasi tersedia di website ini.  Dari webite tersedia berbagai ragam berita mengenai bisnis, informasi, dan pariwisata.  Selain itu dalam situs Bi-pro Magazine juga ada beberapa informasi lainnya seperti produk, fashion, kuliner, budaya, dan hotel. 
Dalam situs Bi-pro Magazine juga terdapat update berita mengenai perbankan, inverstasim, properti, socmed, hiburan.  Namun ada satu informasi yang rasanya perlu ditambahkan yaitu kesehatan. Biasanya otang sering mencari infomasi perkembangan kesehatan di situs e-magazine
Jadi bisa dikatakan Bi-pro magazine sebagai sebuah one stop shopping market di dunia digital. Hanya dengan membuka situs Bi-pro Magazine kita bisa mendapatan berbagai macam informasi.  Bi-pro Magazine membuat pembacanya menjadi lebih pintar.  
Untuk menjadi nomor 1 memang masih banyak yang harus dibenahi dan dihadapi Bi-pro Magazine mengingat umur situs ini belum genap satu tahun.   Persaingan akan semakin ketat dimana ada e-magazine lain yang siap untuk bersaing seperti kompas.com, detik.com, republika.co.id, dan masih banyak lagi.
Hal  ini jelas dalam visinya menjadikan Bi-pro Magazine sebagai situs informasi bisnis dan promosi (bi-pro) nomor 1.  Ada satu yang rasanya perlu ditambah dalam Bi-pro Magazine situs.  Adanya tagline yang mendekatkan diri di hati pembacanya.  Orang akan langsung teringat Nokia ketika membaca Connecting People, Just Do It terbanyak produk Nike atau Yamaha ketika teringat kata Semakin di Depan.  
Seperti kata para ahli branding, tagline erat kaitannya dengan positioning seluruh produk atau jasa.   Nah, untuk Bi-pro Magazine perlu dipikirkan kata apa yang pantas untuk menggambarkan situsnya tersebut.   Bila perlu adakan pula lomba tagline Bi-ProMagazine sebagai langkah mendekatkan diri kepada pembaca sekaligus media promosi.  Seperti yang dilakukan Bi-ProMagazine saat ini dengan menggelar lomba karya tulis bloger dengan hadiahtotal puluhan juta rupiah.
Ini menjadi tantangan bagi Bi-pro Magazine.   Bi-Pro Magazine harus lebih sering mempromosikan diri.  Untuk itu Bi-pro Magazine menjalin kerjasama dengan berbagai media baik online maupun media cetak.  Ini sebuah langkah baik untuk memperluas jangkauan pembaca.  Terus terang, sebagai sebuah media online baru masyarakat masih belum banyak yang mengetahui sepak terjang Bi-pro  Magazine.  Seperti pepatah tua, tak kenal maka tak sayang.
Dengan usia Bi-pro Magazine yang masih sangat muda semua ini akan menjadi tantangan untuk menjadi nomor satu mengingat telah ada situs-situs lain yang ada lebih dulu dan mapan.   Seperti salah bait dalam puisi Wiji Thukul, Maka hanya ada satu kata : lawan!  Pembaca tahu mana yang terbaik buat mereka dan Bi-pro Magazine hadir untuk itu.  
Maju terus, Bi-pro Magazine.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar