Kamis, 07 Mei 2009

Sakit Punggung Bawah atau Low Back Pain

Hal ini baru saja saya alami. Kira-kira sekitar satu bulan yang lalu. Waktu itu hari Sabtu pagi saya mengendarai sepeda motor keliling kompleks perumahan sekalian isi bensin. Dalam perjalanan pulang tiba-tiba punggung bagian bawah mulai dari pinggang sampai setengah badan terasa sakit sekali. Badan tiba-tiba tidak bisa bungkuk. Untung saja sudah dekat rumah. Kalau masih jauh mungkin saya bisa pingsan di tengah jalan. Sakitnya luar biasa. Sampai di rumah, saya harus berjalan merangkak dari pintu masuk sampai ke ruang tamu. Saya tidak sanggup untuk duduk apalagi berdiri. Saya hanya bisa pasrah terlentang di lantai rumah. Untuk bergerak rasanya sakit seluruh badan. Dari pagi sampai sore saya tidak bisa ke mana-mana, tidur-tiduran saja di lantai rumah.
Untung sore hari saya diurut isteri (itu enaknya punya isteri), agak baikan sehingga saya bisa berjalan ke toilet. Namun sakitnya tidak hilang.
Keesokan harinya saya tidak masuk kantor dan diurut oleh tukang urut yang biasa menangani low back pain, walau ada sebagian masyarakat menyebutnya sebagai otot ketarik atau syaraf kejepit. Asli, saya diinjak-inajak, diduduki, ditarik kedua kaki dan tangan. Rasanya seluruh persedian saya mengeluarkan bunyi. Setelah diurut rasanya agak baikan meski kalau duduk terlalu lama kemudian berdiri, sakitnya masih terasa. Tiga hari kemudian saya diberi beliau ramuan untuk penyembuhan. Ramuan ini harus diminum sehari dua kali. Terdiri dari : akar alang-alang (satu ikat, banyak dijual di pasar swalayan), gula merah ukuran kecil (1/2 lingkaran), serbuk kayu manis (satu sendok makan). Semua bahan-bahan ini digodok/rebus sampai airnya tinggal setengah. Lalu disaring. Diminum dengan ditambah 3 sendok makan madu setiap kali minum.
Kalau yang suka jamu sih rasanya lumayan. Kalau yang tidak suka jamu seperti saya, rasanya agak-agak aneh. Tapi yang penting badan sehat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar