Selasa, 09 Juni 2009

10 Fakta tentang Jantung


  1. Daya tarik seksual. Penelitian terhadap 2.500 pria usia 49-54 tahun menunjukkan, pria yang orgasme sedikitnya tiga kali seminggu, risiko kematian akibat penyakit jantung koroner turun menjadi separuhnya. Aktivitas seksual dapat meningkatkan detak jantung hingga dua kali lipat dan membakar sekitar 200 kalori atau setara dengan lari cepat selama 15 menit.
  2. Jantung perempuan. Oenyakit jantung telah menyebabkan kematian pada 500.000 perempuan Amerika setiap atahun atau 50.000 lebih banyak dari korban pria. Serangan jantung pada perempuan diawali dengan tanda-tanda : sesak napas, terasa ada tekanan di jantung, hidung terasa pilek, rasa sakit pada punggung dan rahang.
  3. Perbaikan jantung. Jika jantung Anda rusak, di masa depan mungkin bisa diperbaiki. Saat ini sejumlah ahli sedang meneliti seekor kadal merah guna mengembangkan terapi sel untuk manusia yang jantungnya rusak. Sel jantung amfibi ini cepat sekali membantu pemulihan otot jantung, sifatnya mirip sel punca.
  4. Dari hati ke hati. Komunikasi dengan hewan dalam studi yang dilakukan seoarang ahli menunjukkan bahwa detak jantung binatang yang disentuhmanusia merupakan cerminan detak jantung manusia yang menyentuhnya. Ini dapat menggantikan metode lama untuk mengetahui tingkat stres seseorang.
  5. Jantung besar. Seseorang dengan ukuran jantung lebih besar tidak ada hubungannya dengan besar hati. Ukuran jantung yang besar ternyata menandai penyakit jantung yang tersembunyi. Jantung yang membesar biasa disebut sebagai “dilated cardiomyopathy”. Ukuran jantung yang besar menyebabkan detak jantungharus memompa dengan keras agar cukup dialiri darah. Jika tidak dirawat bisa berisiko gagal jantung.
  6. Tertawa itu sehat. Tertawa terbahak-bahak hingga Anda mengeluarkan air mata selain membuat perasaan nyaman juga membuat relaks dinding-dinding saluran darah (“endothelium”), dan menyebabkan darah lancar mengalir selama 45 menit setelah tawa pecah. Kerusakan pada “endothelium” dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit kardiovaskular.
  7. “Minum jantungmu”.Kulit anggur banyak mengandung antioksidan amat bagus bagi kesehatan. Anggur putih dan merah rupanya sama-sama menyebabkan senyawa perlindungan jantung menjadi tertutup. Jadi berhati-hatilah dengan kesukaan Anda minum anggur.
  8. Perjalanan darah. Dalam semenit jantung Anda mampu memompa darah ke setiap sel tubuh Anda. Dalam sehari, sekitar 100.000 detak jantung telah memompa 2.000 galon darah segar (mengandung oksigen) beberapa kali hingga menempuh jarak 60.000 mil (sekitar 96.000 kilometer). Sungguh pekerjaan yang berat bagi otot yang hanya berukuran sekepalan tangan.
  9. Patah hati. Putus cinta dengan kekasih atau menghadapi kematian saudara dekat dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Demikian hasil sejumlah penelitian. Perasaan trauma semacam itu juga memicu munculnyahormon stres ke dalam aliran darah dan membuat jantung sempat terhenti sejenak. “Simptom” (gejala) yang muncul bisa sesak napas, dada terasa sakit, Namun, biasanya gejala ini langsung hilang dalam beberapa hari.
  10. Tanda cinta. Benda dengan bobot 5 kilogram, berupa kumpulan otot yang penuh darah yang kita sebut jantung menjadi simbol universal untuk cinta. Orang Yunani percaya bahwa jantung adalah tempat tinggalnya semangat (spirit), sementara orang China mengaitkannya dengan kebahagiaan. Orang Mesir berpikir bahwa perasaan dan kemampuan intelektual muncul dari jantung. Tak ada yang tahu sebenarnya simbol cinta itu berasal dari mana pada mulanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar