Kamis, 11 Juni 2009

Temperamen Manusia menurut Immanuel Kant.


Menurut Immanuel Kant, temperamen manusia dapat dibedakan dalam 4 (empat) golongan :
  1. Sanguinis. Tipe ini bisanya memiliki suasana perasaan yang selalu penuh harapan. Pandanganya terhadap segala sesuatu berubah-ubah, kadang memandang penting tapi sebentar kemudian dianggap sudah tidak penting. Sanguinis mudah membuat janji tapi jarang ditepati. Positifnya seorang sanguinis senang menolong orang lain, walau tidak suka kalau dijadikan sandaran. Dalam pergaulan dikenal peramah dan periang. Kalau membuat kesalahan sulit bertaubat. Menghadapi persoalan serius akan cepat bosan, tetapi jalau mengenai permainan atau hiburan tidak pernah jemu.
  2. Melancholis. Seorang melancholis selalu memandang penting segala hal yang menyangkut dirinya, disertai dengan praduga dan syak wasangka. Jika menghadapi sesuatu masalah yang dipandang selalu negatif dan kesukarannya (negative thinking), Tidakmuda membuat janji tapi selalu berusaha ditepati. Sulit merasa puas dan seringkali tidak suak melihat kebahagiaan orang lain.
  3. Choleris. Seorang choleris cepat naik darah walau cepat juga padamnya. Dalam bertindak terkesan grasa grusu tapi tidak tahan lama (tidak konstan). Suka memerintah dan senang dipuji. Sering bersikap pura-pura dan formal. Dalam berpakaian selalu rapi dan necis supaya dipandang baik oleh orang lain.
  4. Phlegmatis. Lambat panas, tapi lambat juga dinginnya. Tidak cepat naik darah tapi kalau sudah marah bisa lama redanya. Pembawaannya tenang, kalem, dan berkepala dingin. Bisanya cocok untuk tugas-tugas ilmiah, seperti menjadi seorang peneliti.

Yang manakan Anda?

1 komentar: