Kamis, 11 Juni 2009

Manusia menurut Edward Spranger


Menurut Edward Spranger, manusia dapat digolongkan menjadi enam jenis berdasarkan nilai-nilai yang dianutnya :

  1. Manusia Teori. Seorang intelektual sejati, manusia ilmu. Tujuan yang dikerjarnya adalah pengerahuan yang obyektif. Tidakpeduli pada segi moral ataupun keindahan. Tidak mata duitan, tidak tertarik pada politik, dan tidak suka bergaul.
  2. Manusia Ekonomi. Manusia ekonomi hanya tertarik pada hal-hal yang menguntungkan dirinya. Menilai segala sesuatu hanya dari segi kegunaan dan nilai ekonomisnya. Mereka seringkali bersikap egosentris.
  3. Manusia Estetis. Biasanya seorang impresionis yang menghayati hidupnya secara pasif, walau dia dapat juga menjadi seorang ekspresionis yang mewarnai segala kesan yang diterimanya dengan pandangan jiwa subyektifnya. Baginya yang nomor satu adalah keindahan.
  4. Manusia Agama. Manusia yang masuk golongan ini mengukursegala sesuatu dari kehidupan rohaniah pribadinya. Ingin mencapai keselarasan antara pengalaman batin dari hidup ini.
  5. Manusia Sosial. Sifat yang menonjol dari manusia tipe ini adalah kebutuhannya yang besar akan kehadiran orang lain. Butuh hidup di tengah manusia lain dan hasratny ayang mengabdi pada kepentingan umum. Nilai terpenting yang dianutnya adalah cinta terhadap sesama manusia.
  6. Manusia Kuasa. Dorongan pokoknya adalah ingin berkuasa. Selalu mengejar kesempatan untuk dapat menguasai orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar