Senin, 08 Juni 2009

Michael Faraday


Michael Faraday (1791-1867) adalah ahli kimia dan fisika Inggris, penemu induksi elektromagnetik, hukum Faraday (1834), efek Faraday (1845), generator atau dinamo (1831), prinsip motor listrik (1821), benzena (1825). Faraday adalah ahli eksperimen terbesar di dunia, ahli teori yang cemerlang, penemu eletrokimia dan teori medan klasik, menciptakan suhu di laboratotium sampai di bawah nol skala Fahrenheit, pengarang, guru besar, direktur Royal Institution. Dialah orang pertama yang menggunakan istilah elektrolis, elektrolit, elektroda, anoda, katoda, ion, ionisasi, anion, dan kation.
Faraday lahir di Newington Butts, sekarang bagian kota London, pada tanggal 22 September 1791. Ayahnya tukang besi yang sangat miskin dan mempunyai anak 10 orang. Akibatnyaia tidak dapat menyekolahkan anak-anaknya, termasuk Faraday. Faraday hanya duduk di bangku SD selama beberapa bulan. Tapi ayah dan ibu Faraday sangat taat kepada agama dan sangat sederhana hidupnya. Hal ini menyebabkan Faraday menjadiorang yang sederhana dan taat beragama pula. Sebagian besar teori medannya dipengaruhi keyakinan bahwa alam semesta diatur oleh Tuhan hingag merupakan kesatuan yang harmonis. Jiwa Faraday begitu sederhana hingga ia tidak mau diangkat menjadi bangsawan dan Presiden Royal Society, lembaga ilmu tertingi di Inggris.
Pada tahun 1805 ketika berumur 14 tahun, Faraday bekerja sebagai tukang jilid buku yang merangkap menjadi penjual buku. Ia bekerja di tempat itu selama 8 tahun. Hal ini menyebabkan ia dapat membaca segala amcam buku, terutama buku-buku ilmu pengetahuan alam. Untunglah majikan Faraday mengetahui bakatnya. Pada tahun 1812 Faraday diijinkan mendengarkan ceramah Humphty Davy, ahli kimia Inggris, kepada laboratorium Royal Institution. Ceramah itu sangat menarik hati Faraday. Selama ceramah ia membuat catatan dengan teliti. Sehabis ceramah ia menuliskan kembali dengan rapi apa yang didengarnya. Kemudian berkas catatan itu dikirimkan kepada Humphry Davy disertai lamaran kerja. Tahun berikutnya Faraday menjadi pembantu Humphry Davy. Mula-mula ia bekerja sebagai pencuci botol. Tapi lama kelamaan ia menjadi lebih termasyhur dibandingkan Humprhy Davy sendiri. Faraday beristeri dan hidup bahagia meskipun tidak mempunyai keturunan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar