Senin, 01 Juni 2009

Persamaan Antara Abraham Lincoln dan John F Kennedy


Presiden Amerika Serikat ke-16 Abraham Lincoln dan presiden ke-35 John F Kennedy adalah dua presiden yang punya nama teramat harum dan dicintai rakyatnya. Entah sebuah koinsidensi atau memang karena “kesamaan takdir”, keduanya ternyata memiliki banyak sekali kesamaan. Yang paling sederhana, penggalan nama belakang mereka – Lincoln dan Kennedy- terdiri 7 huruf. Kesamaan lainnya adalah :
  1. Keduanya terlibat sangat dalam pada isu hak asasi manusia atau hak sipil di eranya. Isu perbudakan do masa Lincoln dan isu segregasi (pemisahan menurut warna kulit) di era Kennedy.
  2. Keduanya dibunuh oleh pria yang punya t3 penggal nama. Lincoln dibunuh oleh John Wilkes Booth yang lahir pada tahun 1839 dan Kennedy yang dibunuh oleh Lee Harvey Oswald yang lahir tahun 1939.
  3. Lincoln punya sekretaris bernama Kennedy, yang menganjurkannya untuk tidak pergi ke gedung teater di hari pembunuhan. Sementara, Kennedy punya sekretaris bernama Lincoln, yang mengingatkannya untuk tidak pergi ke Dallas di hari kematiannya itu.
  4. Keduanya ditembak dari bagian belakang, dengan luka tembakan pistol di bagian belakang kepala dan sama-sama terjadi pada hari Jumat.
  5. Keduanya didampingi isteri saat tertembak.
  6. Booth menembak di dalam gedung Teater Ford, kemudian berlari masuk ke sebuah gudang (warehouse). Sementara, Oswald menembak Kennedy yang berada di mobil Ford dari sebuah gudang, kemudian berlari ke dalam gedung teater.
  7. Lincoln dan Kennedy kemudian diganti oleh orang yang memiliki nama sama : Johnson, demokrat dari wilayah Selatan. Lincol digantikan oleh Andrew Johnson dan Lyndon B Johnson meneruskan kursi kepresidenan Kennedy.
  8. Johnson yang menggantikan Lincoln adalah sosok yang lahir pada tahun 1808. Sementara Johnson pengganti Kennedy lahor pada tahun 1908.
  9. Tak cuma jumlah huruf “Kennedy” dan “Lincoln” yang sama (7), tapi jumlah huruf nama-nama pembuh mereka (John Wilkes Booth dan Lee Harvey Oswald) juga sama berjumlah 15 huruf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar